Breaking News
Join This Site
Fakta ilmiah tentang tanaman eceng gondok

Fakta ilmiah tentang tanaman eceng gondok

Fakta unik tentang tanaman eceng gondok - Eceng gondok merupakan tumbuhan yang hidup di atas permukaan air, selain berkembang biak di atas permukaan air tumbuhan ini sekaligus dapat untuk makan ternak seperti ikan, bebek, entok dls. Eceng gondok termasuk dalam kategori tanaman bungga. Eceng gondok memiliki nama latin eichhornia crassipes, yang artinya tumbuhan mengapung.

Fakta ilmiah tentang tanaman eceng gondok
Fakta  tentang eceng gondok

Di indonesia eceng gondok di kenal dengan berbagai macam sebutan seperti di dayak di sebut ilung-ilung, di manado di sebut tumpe, di lampung di sebut ringgak, di palembang di sebut kelipuk. Eceng gondok di temukan di sunggai amazon brazil yaitu oleh peneliti yang bernama carl friedrich philipp von martius yang sedang melakukan penelitian.

Tanaman eceng gondok

1.memiliki kecepatan tumbuh

Tumbuhan eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi, sehingga eceng gondok di sebut sebagai gulma yang dapat merusak kadar air dalam lingkungan. Eceng gondok tumbuh meluas hingga menyebar sampai saluran air dan badan air lainnya. Maka dapat menutupi permukaan atas air apalagi dalam kadar air yang tinggi mengandung nutrien.

2.eceng gondok sulit tumbuh dalam air yang memiliki kandungan garam

Pernahkah anda melihat eceng gondok di atas permukaan laut? Tumbuhan ini sulit berkembang biak di atas permukaan air yang mengandung garam. Karna kandungan garam dapat menggangu pertumbuhan. Berbeda dengan kandungan air tawar seperti kolam, danau, rawa, aliran air, dan sunggai. Eceng gondok lebih berkembang lagi saat musim penghujan.

3.mudah tumbuh liar

Tanaman eceng gondok banyak tumbuh liar, di danau atau aliran sunggai. Jika pada kolam dapat di tanam sekaligus untuk makan ikan. Maka eceng gondok di sebut sebagai gulma yang menganggu perairan, eceng gondok juga banyak di basmi karna jika terlalu berlebihan akan menurunkan jumlah cahaya yang masuk dalam perairan dan kelarutan oksigen.

4.hanya berbungga setahun sekali

Bungga eceng gondok hanya tumbuh dalam setahun sekali, dan pemandangan ini sanggat jarang di temui. Eceng gondok hanya berbungga dalam musim penghujan, apabila musim kemarau panjang eceng gondok dapat berbungga 2 tahun sekali. anda dapat menikmati keindahan eceng gondok, dalam setahun sekali.

5.eceng gondok dapat di daur ulang

Tumbuhan eceng gondok dapat di daur ulang, selain untuk makan ternak di jadikan pupuk juga dapat untuk kerajinan tangan. Seperti kompos, pembuatan kertas, biogas, perabotan rumah tangga dls. tumbuhan ecek gondok tidak hanya terbuang sia-sia.

6.penyerapan yang tinggi

Tumbuhan tersebut memiliki kadar serap yang tinggi, dalam jangka waktu 24 jam eceng gondok mampu menyerap merkuri, logam kadmium dan nikel. Yang masing-masing memiliki kandungan yang tinggi. Selain dapat menyerap ke tiga kandungan tersebut eceng gondok mampu menyerap residu pestisida.

baca juga: Manfaat Tumbuhan Eceng Gondok Untuk Kesehatan 

Inilah fakta ilmiah pada tumbuhan eceng gondok, semoga artikel ini bermanfaat. Dan anda dapat mengembangkan dengan baik tumbuhan eceng gondok.

Saya hanya orang bodoh yang ingin menjadi lebih baik , pantang menyerah.

> Berkomentarlah Sesuai Topik
> Jangan Sungkan Bertanya Jika Ada Yang Ingin Di tanyakan
> Diharpakan Jangan Meninggalkan Link Aktive
> Semoga Artikel Di Atas Membantu

> Terimakasih " Salam Klinikrea.com "

Emoticon