Breaking News
Join This Site
Benarkah Bahwa Minum Obat Dengan Susu Dilarang? Mitos Atau Fakta

Benarkah Bahwa Minum Obat Dengan Susu Dilarang? Mitos Atau Fakta

Benarkah Bahwa Minum Obat Dengan Susu Dilarang? Mitos Atau Fakta - Banyak yang bertanya-tanya tentang mitos atau fakta bahwa minum obat telah di larang dengan minum susu, mari kita membahas tentang masalah ini. Susu mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh, mengonsumsi 1 gelas susu dalam sehari dapat membantu memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh. namun mengonsumsi susu dengan cara yang salah justru akan berdampak bahaya. Mengapa demikian? Contohnya minum obat dengan minum susu, saat sakit memang harus di anjurkan untuk minum obat, bahkah hal ini adalah kewajiban Agar tubuh kembali normal (sehat). 

Benarkah Bahwa Minum Obat Dengan Susu Dilarang? Mitos Atau Fakta
Fakta Bahwa Minum Obat Dengan Susu Dilarang

Fakta atau mitos dilarangnya minum obat dengan susu


Banyak yang beredar di masyarakat bahwa hal ini adalah mitos, namun kenyataannya adalah FAKTA. Mengapa FAKTA? Susu mengandung protein, lemak, kalsium, magnesium dan vitamin yang semuanya tentu di butuhkan oleh tubuh kita. Semua susu mengandung kalsium baik susu yang sudah di olah maupun susu murni. Kalsium inilah yang akan menghambat penyerapan obat yang bertugas dalam tubuh. pada saat anda meminum obat tersebut obat akan larut dalam waktu yang cukup lama sehingga tubuh membutuhkan waktu untuk melarutkannya, obat tersebut akan beredar melalui aliran darah agar tertuju oleh penyakit yang akan di obati. Apabila obat tersebut bertemu dengan zat kalsium dari susu maka penyerapan obat secara langsung akan terganggu sehingga efektifitas dalam obat akan hilang.

Susu merupakan penetralisir racun sedangkan obat yang anda konsumsi adalah racun. Maka efektifitas dalam obat akan hilang, minimal dalam jangka waktu 3 jam untuk anda dapat mengonsumsi susu setelah minum obat. Cara aman satu-satunya ialah mengonsumsi obat dengan air putih karna air putih tidak mengandung unsur kimia sama sekali juga air putih mudah melarutkan obat sehingga akan membantu mempercepat penyerapan, karna mengonsumsi obat dengan cara di telan atau tidak dengan air maka obat tersebut dapat menempel di suatu tempat dalam tubuh yang akan menyebabkan iritasi.

Beberapa Minuman yang tidak dapat di konsumsi saat minum obat


Minuman ber-alkohol / soda

Pada saat mengonsumsi obat sebaiknya hentikan minum-minuman yang ber-alkohol ataupun yang bersoda, karna dapat membahayakan atau keracunan obat, zat yang terdapat pada obat dan bertemu zat yang terdapat pada minuman yang beralkohol maka dapat mengakibatkan pendarahan yang hebat pada lambung setra rusak-nya funsi hati.

Minum kopi

Dalam kopi mengandung kafein, akan tidak baik bila di konsumsi bersamaan dengan obat. anda dapat mengonsumsi kopi sebelum minum obat dalam jangka waktu minimal 1 jam atau 2-3 jam setelah mengonsumsi obat. Kafein dalam kopi dapat mengakibatkan overdosis pada obat yang telah di konsumsi, terutama obat-obatan yang mengandung antibiotik.

Minum teh

Selain kopi minum obat bersamaan dengan teh juga tidak baik, mengapa tidak baik? Kopi mengandung kafein yang dapat mengakibatkan overdosis sedangkan teh mengandung zat tanin, yang dapat menghambat penyerapan obat yang akan beredar ke seluruh bagian tubuh, karna zat tanin dapat mengangkat atau menghilangkan senyawa aktif dalam obat yang sudah anda minum.

Baca Juga : Resiko Pemakaian Kosmetik Untuk Wanita Hamil

Mungkin hanya itu yang bis saya sampaikan tentang fakta dilarangnya minum obat dengan susu, mungkin dengan membaca artikel ini anda dapat lebih mengetahui bahaya bahaya yang dapat di timbulkan jika anda tidak berhati hati.

Saya hanya orang bodoh yang ingin menjadi lebih baik , pantang menyerah.

> Berkomentarlah Sesuai Topik
> Jangan Sungkan Bertanya Jika Ada Yang Ingin Di tanyakan
> Diharpakan Jangan Meninggalkan Link Aktive
> Semoga Artikel Di Atas Membantu

> Terimakasih " Salam Klinikrea.com "

Emoticon