Breaking News
Join This Site
Penyebab Sariawan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sariawan Dan Cara Mengatasinya


Penyebab Sariawan Dan Cara Mengatasinya - Apakah penyebab sariawan? Dan bagaimana cara mengatasinya? Sariawan adalah penyakit dalam yang tidak hanya di rasakan pada orang dewasa juga bada anak-anak atau bayi. Sariawan yaitu radang pada lapisan dalam  jaringan yang meliputi mulut. Hal ini bisa terjadi pada gusi, lidah, bibir, dan dasar mulut. Yang umumnya timbul rasa nyeri, kemerahan, pembengkakan, dan kadang pendarahan pada daerah yang terkena. Peradangan bisa di sebabkan karna keadaan mulut itu sendiri seperti halnya kebersihan yang buruk dalam bagian mulut, terbakar makanan atau minuman panas, atau di akibat pengobatan reaksi alergi, dan infeksi.

Penyebab Sariawan Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Sariawan Dan Cara Mudah Mengatasinya


KURANG VITAMIN C? 

Selama ini, ada anggapan keliru seputar penyebab sariawan. Misalnya di sebabkan karna kurangnya vitamin C. Padahal tidak demikian adanya sebagian besar sariawan di sebabkan infeksi virus dan jamur. 
Penjelasan penyebab sariawan
1.stomatitis aphthosa
Sariawan akibat adanya trauma misalnya tergigit atau tergores sikat gigi hingga luka atau lecet. Jika daya tahan tubuh kurang baik, maka kuman masuk dan luka menjadi infeksi. Biasanya timbul peradangan yang mengakibatkan rasa sakit atau nyeri. 
2.oral thrush/moniliasis
Di sebabkan dari jamur candida albican yang biasa di jumpai dan bersarang pada lidah. dalam keadaan normal, jamur memang terdapat pada mulut. Namun jika saat daya tahan tubuh menurun dan mengonsumsi obat seperti antibiotik maka jamur candica albican dalam mulut mudah tumbuh melebihi normal. 
3.stomatitis herpetic
Di sebabkan virus herpers simplek dan berlokasi di blakang tengorokan. Sariawan di tengorokan terjadi jika ada virus yang sedang mewabah dan daya tahan tubuh rendah. 

GEJALANYA ?
Gejala stomatitic herpetic adalah badan terasa panas dingin, sariawan di mulut (di lidah atau pada langit-langit yang di sertai luka kecil berwarna putih keabuan di tengah dan kemerahan di pinggir), gusi bengkak atau nyeri dan bisa berdarah. nyeri pada mulut, ngiler, sulit menelan, perih, serta napas bau.
Gejala stomatitic aftosa antara lain rasa panas seperti terbakar atau tidak nyaman di bagian mulut,  dan sebelum muncul gejala lain seperi bercak kulit pada selaput lendir mulut, yang di mulai dengan bintik merah atau bengkak, yang menjadi luka kecil (bisa 1 atau berkelompok). Luka terasa nyeri, dengan warna putih kekuningan di tengah dan merah terang di pinggir-pingir sariawan. 

BAGAIMANA MENANGANINYA ? 
Ketika anda mengalami sariawan proses makan dan minum tentunya akan terganggu mungkin selama 2-3 hari. Konsumsilah makanan yang segar seperti puding, suop buah, yougurt, dll. Meskipun perih teruslah konsumsi makanan sedikit demi sedikit. Dan konsumsilah makanan yang tinggi vitamin B, vitamin B 12, asam folat zat besi atau suplemen yang mengandung nutrisi tersebut. Selain itu memelihara atau menjaga kebersihan mulut, hindari makanan tersudut tajam seperti (kacang taco atau keripik kentang) serta mengosok gigi dengan pelan dan lembut mengunakan sikat gigi yang lunak. Bila sikat gigi menimbulkan nyeri, sebaiknya anda rutin berkumutr setelah makan. Juga hindari makanan panas, pedas dan lakukan pembersihan mulut ringan dengan kumur mengunakan air garam. 

BAGAIMANA MENCEGAHNYA ?
Sariawan bisa dicegah dengan cara-cara berikut: 
Menjaga kebersihan rongga pada mulut (dan juga menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan dental    
floss secara teratur).
Kontrol teratur ke dokter gigi
Terapkan kebiasaan makan yang baik pada anak


rutinlah menjaga kebersihan rongga mulut agar terhindar dari panas dalam dan sariawan. sekian ulasan tentang penyebab sariawan dan mencegahnya. semoga bermanfaat.

Saya hanya orang bodoh yang ingin menjadi lebih baik , pantang menyerah.

> Berkomentarlah Sesuai Topik
> Jangan Sungkan Bertanya Jika Ada Yang Ingin Di tanyakan
> Diharpakan Jangan Meninggalkan Link Aktive
> Semoga Artikel Di Atas Membantu

> Terimakasih " Salam Klinikrea.com "

Emoticon