Breaking News
Join This Site
Fakta Sawo Dan Manfaat Kesehatan

Fakta Sawo Dan Manfaat Kesehatan

Fakta Sawo Dan Manfaat Kesehatan - Sawo kini dibudidayakan di Thailand, Malaysia, Kamboja, India, Indonesia, Bangladesh dan Meksiko. Diperkenalkan selama penjajahan Spanyol ke Filipina. Ada empat jenis Sawo: Brown Sugar, Prolific, Russel, dan Tikal.
Sawo juga dikenal dengan berbagai bahasa daerah / nama umum: Brasil: Sapoti; Jerman: Breiapfel, Sapotillbaum; Hindu: chikoo, Korea: Kkom Na Mu; Pakistan: Cheeku dll Sawo juga disebut Bully Pohon, chicle, Chico Sapote, Chiku, Marmalade Plum, Naseberry, Sawo, Sapote dan Sawo Plum.


Fakta Sawo Dan Manfaat Kesehatan


Menanam

Sawo, berumur panjang, tegak dan pohon laktiferus yang mencapai upto 100 ft. Tinggi dengan daun diatur secara bergantian. Daun lonjong-lanset untuk bulat telur-elips, hijau menengah, mengkilap, 3 untuk 4-1 / 2 inci panjang dan 1 untuk 1-1 / 2 inci lebar. Bunga-bunga kecil, putih dan berbentuk lonceng dengan diameter 3/8 inci (9,5 mm). Pohon itu menghasilkan bunga sepanjang tahun. Setiap branchlet diatur secara horizontal atau melorot. Kasar kulit coklat gelap memiliki getah putih dan bergetah. Sawo tumbuh di iklim subtropis dan tropis. Ini lebih memilih tanah baik dikeringkan dan cahaya.

Buah

Sawo merupakan buah dari keluarga tanaman Sapotaceae yang umumnya tersedia dari Mei-September. Awalnya coklat dan agak manis dalam rasa, Sawo pucat warna kuning-coklat dengan tekstur kasar dan berbentuk seperti bulat telur atau ellipsoid. daging kecoklatan mereka memiliki 3 sampai 12, halus, rata, biji hitam kecil dari ¾ inci panjangnya di pusat. Buah datang dalam berbagai ukuran mulai dari 3/8-inch (9,5 mm) dengan diameter dan berat sekitar 150 gram. Sawo tipis berkulit dan memiliki manis, rasa menyenangkan.

Nilai gizi
Nilai gizi Sawo 241 gram buah :Kalori (200 Kcal)
Dietary Fiber (12,8 g)
lemak (2,65 g)
Protein (1,06 g)
Karbohidrat (48,1 g)
kalsium (51 mg)
Air (187,98 g)
Magnesium (29 mg)
Iron (1,93 mg)
Kalium (465 mg)
fosfor (29 mg)
asam pantotenat (0,607 mg)
Vitamin C (35,4 mg)
Folat (34 mg)
Niacin (0,482 mg)
vitamin A (7 mg)

1.Keuntungan Kesehatan

Sawo memiliki sifat anti-inflamasi. Ini berisi serat makanan dalam jumlah yang sangat baik. Orang-orang India digunakan untuk sifat anti-bakteri dan anti-virus. Ia memelihara kesehatan secara keseluruhan seperti yang sarat dengan berbagai nutrisi. Sawo kaya kalori. Seiring dengan buah, bagian lain juga digunakan untuk pilek dan batuk karena mengandung anti-diare, diuretik, antihyperglycemic, antibiotik dan efek hypercholesteraemic.

2.Meredakan Stres

Analisis studi menunjukkan bahwa Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh yang lemah yang disebabkan karena stres. stres telah menjadi masalah kesehatan umum yang dapat lega dengan asupan vitamin C yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Vitamin C dapat ditemukan di Sawo oleh 39,33%.

3.Menghangatkan tubuh

Kehadiran Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pilek dan virus. 1000 mg Vitamin C membantu untuk mencegah dingin. bukti menunjukkan bahwa Sawo yang kaya akan Vitamin C membantu untuk mencegah kemungkinan infeksi paru-paru dan pneumonia.

4.Membantu Dalam Pencernaan

Serat sawo sangat penting untuk meningkatkan pencernaan. serat tidak larut untuk lulus tinja melalui tubuh yang melarang kondisi kesehatan seperti kanker usus, diverticulitis dan radang usus.

5.Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan yang kaya serat membantu mengurangi keinginan makan. Ini mengurangi gula darah lonjakan yang menghasilkan keinginan karbohidrat kurang dan kurang penyimpanan lemak. Ini membantu untuk menghilangkan perut yang mengakibatkan penurunan berat badan. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi makanan protein untuk diet anda.

6.Mencegah Anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi. tubuh tidak akan mampu memproduksi hemoglobin dan transportasi oksigen karena kehadiran memadai besi. Para pasien anemia mengalami gejala seperti fungsi mental yang buruk, kurangnya energi dan apatis. Anemia sebagian besar terlihat pada anak-anak dan wanita menopause sehingga mereka harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

7.Fungsi Yang Tepat Dari Otak

Otak membutuhkan oksigen untuk fungsi efisien. Besi membantu untuk memberikan oksigen ke otak dan menghilangkan memori apatis. Kekurangan besi, dapat mudah tersinggung dan lalai.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tembaga membantu dalam galaktosa dan dopamin yang merupakan neurotransmitter penting untuk mempertahankan energi, suasana hati, pandangan dan fokus.

8.Mengurangi Arthritis

Tembaga memiliki sifat anti-inflamasi yang menghilangkan kekakuan dan nyeri yang terkait dengan arthritis. Ini membantu untuk memperkuat otot-otot, menurunkan nyeri sendi dan perbaikan jaringan ikat. Para pasien arthritis memakai gelang tembaga atau gelang dengan keyakinan bahwa tembaga dapat mengurangi gejala nyeri.

9.Struktur Rangka Yang Sehat

Tembaga adalah penting untuk pertumbuhan tulang, jaringan ikat dan otot. Kekurangan tembaga meningkatkan kemungkinan osteoporosis, kelemahan otot, kekuatan rendah, kerusakan, sendi lemah dll studi menunjukkan bahwa asupan tembaga dengan mangan, seng, kalsium memperlambat hilangnya tulang pada wanita yang lebih tua.

10.Menyembuhkan Luka

Studi menunjukkan bahwa Vitamin B5 mempercepat proses penyembuhan luka dan luka dan juga memperlakukan reaksi kulit dari terapi radiasi. Hal ini juga memperlambat proses penuaan seperti bintik-bintik gelap dan keriput. Studi terbaru menunjukkan bahwa Vitamin B5 mempercepat proses penyembuhan dengan meningkatkan perbanyakan sel.

11.Membantu Sistem Saraf

Kalium sangat penting untuk fungsi sel, impuls saraf, sinyal-sinyal listrik dan fungsi otak. Kekurangan kalium menyebabkan konsentrasi yang buruk, kelelahan, kesulitan dalam mengingat dan belajar dan perubahan suasana hati.

Penggunaan Tradisional

Rebusan buah ini berguna untuk mengobati diare. Infus buah muda dan bunga membantu untuk menenangkan penyakit paru. Benih buah ini mengandung quercetin dan saponin yang digunakan sebagai obat cuci perut, obat penurun panas, diuretik dan tonik. biji terkompresi yang digunakan untuk membasmi kandung kemih dan batu ginjal. Pasta dari biji diterapkan dalam kasus gigitan dan sengatan dari binatang berbisa. Rebusan tua, daun menguning efektif untuk pilek, batuk dan diare. Asupan harian rebusan terbuat dari daun labu siam dan Sawo membantu mengurangi tekanan darah. Di daerah tropis, lateks yang digunakan untuk gigi berlubang. Rebusan kulit berguna untuk menyembuhkan diare, disentri dan paludism. Bunga-bunga yang digunakan di Indonesia sebagai bahan bubuk yang digosok pada tubuh wanita setelah melahirkan. Demam dan diare dirawat di Kamboja dengan kulit karena memiliki tanin.

Cara Makan

Sawo dikonsumsi mentah oleh menyendoki daging keluar atau dibuat selai atau serbat. Hal ini juga ditambahkan ke pancake dan kue. Hal ini juga ditemukan dalam bentuk puding, jus, es krim atau milkshake.

EFEK SAMPING

Asupan mentah Sawo menyebabkan iritasi di tenggorokan, masalah pernapasan dan sariawan. Baku Sawo memiliki rasa pahit karena jumlah tinggi lateks dan tanin. Konsumsi Sawo dalam jumlah besar membantu untuk meningkatkan berat badan karena tinggi kalori. Jumlah berlebihan Sawo menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit di perut. Seperti benih yang tinggi beracun, itu harus dihindari untuk digunakan sebagai obat.


baca juga : Manfaat Dan Khasiat Buah Manggis Yang Menajubkan
sekian ulasan manfaat sawo, semoga dapat memberi informasi dan bermanfaat. 

Saya hanya orang bodoh yang ingin menjadi lebih baik , pantang menyerah.

> Berkomentarlah Sesuai Topik
> Jangan Sungkan Bertanya Jika Ada Yang Ingin Di tanyakan
> Diharpakan Jangan Meninggalkan Link Aktive
> Semoga Artikel Di Atas Membantu

> Terimakasih " Salam Klinikrea.com "

Emoticon