Breaking News
Join This Site
Manfaat Kentang Dan Fakta Gizi

Manfaat Kentang Dan Fakta Gizi

Manfaat Kentang Dan Fakta Gizi - Kentang adalah No 1 tanaman sayuran di Indonesia  dan keempat paling banyak dikonsumsi tanaman di dunia, selain beras, gandum dan jagung, menurut Departemen Pertanian.

Secara sejarah Indonesia mengonsumsi paling banyak kentang segar. Sejak tahun 1950-an, bagaimanapun, kentang olahan - kentang goreng, misalnya - telah tumbuh lebih populer sebagai teknologi untuk membekukan sayuran terbaik. 

Manfaat Kentang Dan Fakta Gizi
Manfaat Kentang Dan Fakta Gizi


Kentang rendah kalori, sedangkan kentang panggang mengandung hanya sekitar 110 kalori. Mereka adalah sumber yang baik dari vitamin C dan B6, mangan, fosfor, niacin dan asam pantotenat.

Berikut adalah fakta-fakta nutrisi untuk kentang: 

Fakta Nutrisi

kalori 110
Jumlah total lemak 0g 0% 
Jumlah Karbohidrat 26g 9%
Kolesterol 0mg 0%
Dietary Fiber 2g 8%
Sodium 0mg 0% 
Sugars 1g
Kalium 620mg 18% 
Protein 3g
Vitamin A 0% 
Kalsium 2%
Vitamin C 45% 
Iron 6%


Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Kentang yang diisi dengan fitonutrien, yang merupakan komponen organik dari tanaman yang diduga mempromosikan kesehatan, menurut kementrian kesehatan. Fitonutrien dalam kentang termasuk karotenoid, flavonoid dan asam caffeic.

Vitamin C dalam kentang bertindak sebagai antioksidan. Zat-zat ini dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel, menurut institute kesehatan nasional. Mereka juga dapat membantu pencernaan, kesehatan jantung, tekanan darah dan bahkan pencegahan kanker.

1.Tekanan darah

Kentang dapat membantu menurunkan tekanan darah karena beberapa alasan. Victoria Jarzabkowski, ahli gizi dengan Fitness Institute of Texas di The University of Texas di Austin, mengatakan bahwa serat yang ditemukan dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara mengikat dengan kolesterol dalam darah. "Setelah itu mengikat, kita mengeluarkan itu," katanya.

Kentang juga merupakan sumber potasium yang baik. "Semua kentang adalah kaya kalium," kata Jarzabkowski. "Mereka memiliki lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang, dan banyak ditemukan di [kentang] kulit." Dia mencatat bahwa kulit kentang luar juga mengandung banyak serat. Kalium adalah mineral yang membantu menurunkan tekanan darah, menurut AS Food and Drug Administration.

Kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah melalui tindakan sebagai vasodilator (pembuluh darah Widener). Para ilmuwan di Institute for Food Research telah menemukan bahwa kentang mengandung zat kimia yang disebut kukoamines, yang berhubungan dengan menurunkan tekanan darah.

2.Fungsi Otak Dan Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf. Vitamin B6 membantu menciptakan kimia otak yang berguna, termasuk serotonin, dopamin dan norepinefrin, menurut University of Maryland Medical Center. Ini berarti bahwa makan kentang dapat membantu dengan depresi, stress.

tingkat tinggi kentang 'karbohidrat mungkin memiliki beberapa keuntungan, termasuk membantu mempertahankan tingkat yang baik glukosa dalam darah, yang diperlukan untuk fungsi otak yang tepat. Sebuah penelitian tahun 1995 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kenaikan sederhana glukosa bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar dan memori. Kalium, yang mendorong pelebaran pembuluh darah, juga membantu memastikan otak Anda mendapat cukup darah.

3.Kekebalan

Vitamin C dapat membantu mencegah segala sesuatu dari penyakit kudis untuk flu biasa, dan kentang yang penuh nutrisi ini, dengan sekitar 45 persen dari asupan harian yang direkomendasikan per menengah kentang panggang, menurut Komisi Kentang Washington State.

4.Peradangan

Beberapa orang berpikir kentang dan anggota lain dari keluarga nightshade - seperti terong, tomat dan paprika - flare memicu arthritis. Namun, ada sedikit bukti ilmiah untuk mendukung hipotesis ini, menurut Arthritis Foundation. organisasi menunjukkan bahwa orang dengan arthritis mencoba memotong sayuran nightshade dari diet mereka selama dua minggu untuk melihat apakah gejala membaik.

5.Pencernaan

Manfaat kesehatan terbesar yang ditawarkan oleh kentang adalah bagaimana mereka dapat membantu pencernaan karena kandungan serat yang tinggi, kata Jarzabkowski. tingkat tinggi kentang 'karbohidrat membuat mereka mudah dicerna, sementara kulit penuh serat mereka dapat membantu Anda tetap teratur.

6.Kesehatan Jantung

Kentang memberikan banyak hatimu alasan untuk pingsan, karena kandungan serat. Jarzabkowski mengatakan serat dikaitkan dengan membersihkan kolesterol dari pembuluh darah; vitamin C dan B6 membantu mengurangi radikal bebas; dan karotenoid membantu menjaga fungsi jantung yang tepat.

Selain itu, B6 memainkan peran penting dalam proses metilasi, yang, antara lain, perubahan molekul homocysteine berpotensi berbahaya ke metionin, komponen protein baru, menurut Harvard. Terlalu banyak homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah, dan tingkat tinggi itu berhubungan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

7.Kinerja Atletik

Jarzabkowski menggambarkan bagaimana kentang dapat menjadi kemenangan untuk atlet. "Kentang dapat membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit," katanya. "Sodium dan potassium, yang ditemukan dalam kulit kentang, dua elektrolit penting, dan atlet kehilangan mereka dalam keringat." Elektrolit yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal, dan memiliki terlalu sedikit dapat menyebabkan kram, karena banyak atlet tahu.

8.Perawatan Kulit

Menurut Fakta Organik, vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, zinc dan fosfor semua dapat membantu menjaga kulit halus dan lembut, baik, kentang tumbuk. Nutrisi ini semua hadir dalam kentang.

9.Resiko Kesehatan

Kentang bebas lemak, tetapi mereka juga mengandung karbohidrat tepung dengan sedikit protein. Menurut Harvard, karbohidrat dalam kentang adalah jenis bahwa tubuh mencerna dengan cepat dan memiliki beban glikemik tinggi. Artinya, mereka menyebabkan gula darah dan insulin melonjak dan kemudian mencelupkan. Efek ini bisa membuat orang merasa lapar lagi segera setelah makan, yang dapat menyebabkan makan berlebihan. Peningkatan pesat dalam gula darah juga dapat menyebabkan peningkatan produksi insulin. Jarzabkowski mengatakan, "Hal terakhir yang saya akan merekomendasikan untuk diabetes adalah kentang."


Cara Sehat Untuk Memasak Kentang

Anda mungkin bisa menebak bahwa dibekap kentang kemudian di beri krim asam dan daging bukan cara sehat untuk menikmatinya, tapi apa? Yang lebih bergizi - dipanggang, direbus atau dikukus?
Memasak kentang dikupas dengan cara ini mengakibatkan hilangnya nutrisi yang signifikan, sebagaian nutrisi yang larut dalam air.
Dalam kentang, nutrisi yang larut dalam air termasuk vitamin B-kompleks, vitamin C, kalium dan kalsium. Sebanyak 80 persen dari kentang vitamin C dapat pergi ke saluran pembuangan jika Anda merebus sayuran. Hal yang sama bisa terjadi dengan kentang yang sudah di kupas kemudian di rendam, jika anda mengunakan air yang mendidih, anda akan tetap mendapatkan beberapa nutrisi. 
Namun Anda memasak kentang, cobalah untuk makan kulit. kulit mengandung lebih banyak nutrisi - termasuk mayoritas serat sayuran ini dari pada kentang itu sendiri. 

Kentang tumbuh di seluruh negara. Pada tahun 2013, ada lebih dari 1 juta hektare kentang ditanam dan dipanen, yang menghasilkan 43700000000 lbs. (20 miliar kg) dari sayuran.


Sayuran kentang mengandung begitu banyak, nutrisi vitamin dan kesehatan lainnya konsumsi kentang minimal 2 kali sehari untuk mendapatakan semua nutrisi tersebut. Semoga bermanfaat.

Saya hanya orang bodoh yang ingin menjadi lebih baik , pantang menyerah.

> Berkomentarlah Sesuai Topik
> Jangan Sungkan Bertanya Jika Ada Yang Ingin Di tanyakan
> Diharpakan Jangan Meninggalkan Link Aktive
> Semoga Artikel Di Atas Membantu

> Terimakasih " Salam Klinikrea.com "

Emoticon