Breaking News
Join This Site
Fakta Nutrisi Kacang Hijau (Buncis)

Fakta Nutrisi Kacang Hijau (Buncis)

Fakta Nutrisi Kacang Hijau (Buncis) - Kacang hijau, juga dikenal sebagai kacang Prancis atau kacang snap, adalah tanaman kacang kedelai yang lembut, memanjang, namun fleksibel. Kacang adalah salah satu kelezatan para pecinta vegetarian karena sifat gizi yang sehat. Buncis adalah kacang polong yang termasuk dalam family Fabaceae yang memiliki nama ilmiah Phaseolus vulgaris.

Fakta Nutrisi Kacang Hijau (Buncis)
Fakta Nutrisi Kacang Hijau (Buncis)


Kacang hijau Atau Phaseolus vulgaris vine kacang polong.
Secara umum, kacang hijau lunak diklasifikasikan tergantung pada kebiasaan pertumbuhan mereka sebagai "kacang hijau" yang berdiri tegak tanpa memerlukan bantuan, sedangkan "kacang polong" yang memerlukan bantuan. Varietas lain dari jenis buah kacang polong, yaitu kacang pinto, kacang putih, kacang merah, kacang hitam, Hampir semua varietas kacang bisa tersedia sepanjang tahun di seluruh dunia. Kacang Fava biasa di sebut kacang lebar Vicia faba adalah kacang besar, polong yang berwarna hijau muda biasanya dimakan dikupas dan di ambil bijinya. 

Manfaat Kesehatan Kacang Hijau (Buncis)

Kacang hijau segar sangat rendah kalori (31 kalori per 100 g biji kacang mentah) dan tidak mengandung lemak jenuh. Meskipun demikian, sayuran polong ini adalah sumber vitamin, mineral, dan mikronutrien tanaman yang sangat baik.

Kacang adalah sumber serat makanan yang sangat kaya (9% per 100g RDA) yang bertindak sebagai pencahar massal. Serat membantu melindungi mukosa usus besar dengan mengurangi waktu pemaparannya ke zat beracun dan juga dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus. Jumlah serat yang cukup dalam makanan juga telah ditunjukkan untuk mengurangi kadar kolesterol darah dengan mengurangi reabsorpsi asam empedu pengikat kolesterol di usus besar.


Kacang hijau mengandung kadar vitamin A yang sangat baik, dan kesehatan yang mempromosikan antioksidan fenolik fenolik flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, dan β-karoten dalam jumlah yang tepat. Senyawa ini membantu sebagai pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
Zea-xanthin, karotenoid penting dalam kacang, diserap secara selektif ke dalam makula lutea retina dalam mata di mana ia berfungsi untuk menyediakan fungsi penyaringan dari sinar UV. Oleh karena itu, kacang hijau menawarkan beberapa perlindungan dalam pencegahan penyakit makula terkait usia pada orang dewasa atau lebih tua.

Kacang merah adalah sumber folat yang sangat baik. 100 g kacang segar memberikan 37 μg atau 9% folat. Folat bersama dengan vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting sintesis DNA dan pembelahan sel. folat baik, bila diberikan selama masa prakonsepsi dan kehamilan, dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.


Mereka juga mengandung vitamin B6 (piridoksin), thiamin (vitamin B-1), dan vitamin C yang baik. Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan menangkal radikal bebas oksigen berbahaya.
Morever, mengandung mineral dalam jumlah yang sehat seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan potasium, yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Mangan merupakan co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase, yang merupakan radikal bebas yang sangat manjur. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Seleksi Dan Penyimpanan
Kacang hijau segar mentah, juga disebut sebagai kacang snap atau kacang Prancis, memiliki tekstur empuk, panjang, kaku,pilih kacang yang masih segar untuk mengonsumsinya. Hindari kacang kedelai yang lemas atau lebih matang dengan warna kulit kacang.
Untuk menyimpan, tempatkan ke dalam kantong plastik berlubang dan simpan di lemari es dengan kelembaban relatif tinggi. Mereka bertahan sampai seminggu.

Persiapan Dan Metode Penyajian
Cuci kacang mentah dengan air dingin. sebelum menggunakan, potong ujung kacang.

Berikut Adalah Beberapa Cara Penyajian
Kacang hijau termasuk sayuran yang paling banyak dicari di tumis, rebus, untuk salad, dikukus bersama wortel, kembang kol, kacang polong, tomat, dll. Mereka cocok dengan keju, kacang-kacangan, jamur, seafood, daging, dll.

Kacang hijau mengandung asam oksalat, zat alami yang ditemukan di beberapa sayuran, yang dapat mengkristal sebagai batu oksalat dalam saluran kemih pada beberapa orang. Seseorang dengan riwayat batu saluran kemih menunjukkan makan sayuran milik keluarga Brassica dan Fabaceae yaitu buncis. Yang memiliki Asupan air yang cukup, oleh karena itu, dianjurkan untuk mempertahankan output urin normal untuk meminimalkan risiko batu oksalat. 

baca juga artikel berikut ini: Mengapa Kacang Penting Untuk Nutrisi Kesuburan

Sudah jelas bukan fakta nutrisi dalam buncis? Mulai sekarang untuk anda yang mengonsumsinya jangan ragu lagi untuk menambahkan dalam jenis sayuran favorit anda. Semoga bermanfaat !

Saya hanya orang bodoh yang ingin menjadi lebih baik , pantang menyerah.

> Berkomentarlah Sesuai Topik
> Jangan Sungkan Bertanya Jika Ada Yang Ingin Di tanyakan
> Diharpakan Jangan Meninggalkan Link Aktive
> Semoga Artikel Di Atas Membantu

> Terimakasih " Salam Klinikrea.com "

Emoticon