Breaking News
Join This Site
Cara Menghilangkan Kantuk Saat Belajar?

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Belajar?

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Belajar? Ini jawabannya - Pada suatu titik mendekati ujian sekolah, tentunya kita memberi tambahan jam belajar. Banyak dari kita merasa mengantuk saat belajar, dalam keadaan seperti itu kita memilih untuk beristirahat atau menjaga diri kita agar tetap terjaga. Tentunya menahan kantuk saat belajar hal yang tidak mudah, mari kita mengulas tentang menghindari kantuk saat belajar.

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Belajar?
Cara Menghilangkan Kantuk 


Penyebab kantuk saat Belajar

Sebelum membahas secara rinci cara menghindari kantuk saat belajar, penting untuk membahas  singkat tentang penyebab kantuk saat belajar. Kesalahan mendasar terletak pada otak. Otak membutuhkan banyak ATP untuk berfungsi (ATP  Adenosin Trifosfat ) adalah penghasil energi. Otak menggunakan ATP dan mengubahnya menjadi ADP. ATP membuat otak tetap terjaga dan berfungsi. Tapi begitu Anda mulai menggunakan ATP terlalu cepat, karena saat belajar, banyak ATP diubah menjadi ADP. ADP, tidak seperti ATP, tidak bisa mengimbangi tuntutan energi otak dan fungsi otak menjadi kusam dan menjadi kurang konsentrasi sehingga menyebabkan kantuk.

Siklus tidur

Pada setiap hari, ada dua periode ketika tubuh memiliki kecenderung tidur. Dua periode tersebut adalah pada jam larut malam (antara tengah malam dan 7 pagi) dan lagi pada siang hari (jam 1 dan 4 siang). Ketika orang terjaga selama dua periode ini, mereka tertidur tanpa disengaja. Hal ini terjadi terutama pada seseorang yang kurang istirahat.

baca juga : Dampak Yang Di Sebabkan Karna Begadang


Bagaimana Cara Menghindari Kantuk Saat Belajar?

Kini setelah Anda mengetahui penyebab kantuk saat belajar, Anda akan lebih mengerti cara menghindari tidur saat belajar. Beberapa cara untuk menghindari kantuk saat belajar adalah sebagai berikut:

Hindari Latihan Fisik 

Jika Anda mendorong tubuh Anda di siang hari, banyak kemungkinan Anda tertidur lebih awal dari hari-hari biasanya. Jika Anda terus-menerus pergi ke gym, tubuh Anda akan menginginkan pekerjaan yang tidak terlalu berat untuk dilakukan. Saat tubuh lelah dari latihan panjang (Physical Exertion) maka ia butuh istirahat dan sulit untuk terjaga hingga larut malam.

Hindari Mengunakan Lampu Meja

Banyak orang melakukan kesalahan dengan hanya menyala lampu meja pada malam hari saat belajar. Apa yang dilakukan ini adalah membuat suasana nyaman. Dengan hanya menyalakan lampu meja, area ruangan terlihat gelap. Maka membuat tempat tidur yang kosong sangat menawan dengan lampu dimatikan. Jika lampu dimatikan di kamar Anda saat belajar, dapat membuat anda mudah mengantuk. 

Hindari Berbaring Di Tempat Tidur Saat Belajar

Duduklah di kursi dengan sandaran di depan meja saat Anda belajar. Bila Anda berbaring di tempat tidur sambil belajar Anda mungkin masuk ke mode malas. Bila ini terjadi, Anda tidur dan mengucapkan selamat tinggal pada buku.

Hindari Makanan Berat

Jika anda mengonsumsi makanan berat pasti akan mengalami rasa malas. Rasa malas tersebut membuat anda mudah mengantuk, dan menurunkan daya focus dan daya retensi. Umumnya makan siang dan makan malam penting diperuntukkan bagi siswa. Dan jangan anda melewatkan makan. Sebagian besar siswa merasa lapar setelah belajar terus menerus.

Jangan Gunakan Kipas Angin 

Beberapa orang mengunakan kipas saat belajar, terutama di bagian wajah. Ketika anggin menghembus ke wajah, hal ini membuat anda merasa lesu. Dan membuat anda mudah mengantuk.

Minum banyak Air

Ini adalah metode yang kebanyakan siswa gunakan sebelum ujian. Bila Anda minum cukup banyak air, Anda tidak mudah tertidur, alasannya adalah karena seringnya perjalanan Anda mungkin perlu ke kamar mandi untuk buang air kecil. Ini mungkin bukan jawaban yang tepat, namun dalam keadaan buruk, kinerjanya paling baik.

Bergeraklah Dari Ruangan

Akan sangat berguna jika Anda bergerak di sekitar ruangan saat Anda merasa mengantuk. Banyak orang berjalan untuk mencegah diri dari perasaan mengantuk saat belajar.

Hindari Minuman Soda

Sebagian besar siswa melakukan kesalahan saat mengeluarkan minuman ringan beraerasi saat belajar. Jumlah kafein dan gula dalam soda dan minuman berkarbonasi membuat individu kurang perhatian sehingga membuat mereka kurang konsentrasi terhadap belajar. Bila Anda kehilangan konsentrasi belajar pada malam hari, tentunya anda akan mudah ngantuk. Sebaiknya anda mimum jus buah segar.
Tidur siang di sore hari
Akan lebih baik hindari tidur saat belajar di larut malam lalu tidur siang di sore hari. Siang siang bisa memainkan peran penting untuk menyingkirkan tidur. Orang yang tidur siang bisa tetap terjaga saat tidur larut malam.

Mendengarkan Music Dalam Volume Tinggi Sesaat

Dengan mendengarkan lagu-lagu heavy metal dengan volume tinggi adalah cara lain jika Anda merasa sangat mengantuk saat belajar. Namun cukup dengan 1 lagu saja, hal ini akan membuat anda lebih energic dan bersemngat kembali.

Belajarlah Dengan Keras

Mendengarkan suara Anda sendiri saat Anda bergerak di sekitar ruangan Anda bekerja. Ini mungkin tidak berhasil untuk semua tapi banyak temuan telah membuktikan hal ini juga berlaku bagi siswa yang mengantuk.

Lakukan Meditasi

Jika Anda tidak ingin kehilangan konsentrasi atau merasa mengantuk saat belajar, Anda harus bermeditasi setidaknya selama 20 menit setiap hari, berkonsentrasi pada satu hal tertentu pada satu waktu. Setelah meditasi, disarankan berlatih latihan ringan seperti peregangan dan yoga seperti pranayama (latihan pernapasan). Dengan cara ini, Anda akan tetap bugar, baik secara mental maupun fisik.

Belajar Lebih Awal Di Pagi Hari

Penelitian telah mendukung fakta bahwa jika seseorang belajar setidaknya dua jam di pagi hari, tingkat konsentrasinya meningkat. Tingkat konsentrasi Anda akan meningkat sejauh dua jam belajar Anda akan sama dengan enam jam belajar di antara orang lain, alasannya karena pikiran Anda segar di pagi hari setelah tidur malam dan kedua pikiran dan tubuh Anda bertindak dengan cepat di pagi hari, sehingga membantu dalam meningkatkan tingkat konsentrasi.

Hindari Gangguan Sekitarnya

Jika Anda ingin menghindari tidur saat belajar, Anda perlu mencari tempat yang kurang mengganggu. Cobalah untuk menghindari berbagai jenis gangguan sebanyak mungkin. Misalnya, saat belajar, sebaiknya jangan menonton televisi. Anda juga harus menghindari SMS dan menjawab telepon sambil belajar. Musik ringan terbukti cukup bermanfaat saat belajar, namun bergantung pada individu.

Nonaktifkan Ponsel

Ketika Anda hendak belajar memastikan bahwa ponsel Anda berada di tempat yang jauh atau dimatikan. Alasan di balik melakukan ini adalah bahwa panggilan yang tidak perlu dari teman dan orang lain dapat mengalihkan perhatian Anda dan membuktikan hambatan dalam studi Anda dan merusak waktu belajar Anda. Anda perlu menetapkan waktu tertentu untuk belajar setiap hari dan mempertahankannya. Istirahat tidak hanya tentang belajar, belajar dan belajar saja. Saat belajar, Anda perlu istirahat di antaranya. Ini akan membantu Anda dalam tidak merasa bosan atau lelah setelah belajar terus menerus. Namun, Anda perlu memastikan bahwa jeda waktunya tidak terlalu lama. 

Dapatkan Sinar Matahari

Jika Anda merasa mengantuk saat belajar, keluarlah dan dapatkan sedikit sinar matahari. Paparan sinar matahari meningkatkan vitamin D dalam tubuh yang memberi Anda dorongan energi. Jika cuacanya bagus, Anda juga bisa belajar di bawah sinar matahari. 

Sesuaikan Asupan Kafein

Meski minum kopi membantu untuk tetap terjaga, banyak asupan kopi yang berbahaya bagi kesehatan. Faktor yang membuat kopi terlalu banyak berbahaya adalah kandungan kafein yang ada di dalamnya. Terlalu banyak asupan kafein bisa membuat Anda terlalu aktif dan memperburuk tidur malam Anda. Karena itu, Anda harus membatasi asupan kopi sampai 2-3 gelas atau kurang per hari.

Makan Omega 3

Omega 3, antara lain, sangat membantu menjaga seseorang terjaga. Jika Anda merasa mengantuk, makanlah makanan kaya omega 3 seperti ikan, minyak ikan dan salmons.

baca juga : Benarkah Makan Kangkung Bikin Ngantuk? Mitos Atau Fakta

Suplemen Magnesium

Dari sekian banyak alasan ngantuk saat belajar, salah satunya adalah karena kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh. Jika Anda tidak mendapatkan cukup magnesium dalam makanan Anda, konsumsi magnesium. Mereka banyak tersedia di apotik dan dapat dikonsumsi setiap hari.

Hindari Makanan Berlemak

Jika Anda belajar di malam hari, Anda harus menghindari makanan berlemak. Ambil beberapa makanan ringan pada waktu malam hari. Makan makanan berat bisa membuat pikiran dan tubuh lesu.

Hindari Susu

Selama jam belajar, jangan minum susu. Ini akan membuat Anda mengantuk dan akan sulit berkonsentrasi pada penelitian. Ganti susu dengan mengambil minuman atau buah berair seperti jeruk dan anggur.

Belajar online

Jika ingin menghindari tidur saat belajar, Anda juga bisa mencoba belajar secara online. Belajar online pasti lebih menarik daripada belajar dari buku. Ada berbagai situs online yang berisi beberapa materi referensi dan buku subjek Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mendaftar di situs tersebut dan belajar online.

baca juga : 4 Kebiasaan Harian yang Menyebabkan Insomnia (Susah Tidur)

Ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kantuk saat belajar. Dan Sebelum belajar, jangan makan makanan berat. Ini akan membuat Anda mengantuk.semoga bermanfaat.

Saya hanya orang bodoh yang ingin menjadi lebih baik , pantang menyerah.

> Berkomentarlah Sesuai Topik
> Jangan Sungkan Bertanya Jika Ada Yang Ingin Di tanyakan
> Diharpakan Jangan Meninggalkan Link Aktive
> Semoga Artikel Di Atas Membantu

> Terimakasih " Salam Klinikrea.com "

Emoticon